-->

Pengertian dan Contoh Limbah Organik Basah

Limbah jenis organik merupakan beragam jenis limbah yang berasal dari bahan organik baik berasal dari tumbuhan maupun berasal dari hewan. Pada dasarnya limbah organik tergolong limbah yang mudah terurai melalui proses alami dengan waktu tertentu.  Pada dasarnya limbah Organik merupakan sampah yang bisa mengalami pelapukan (dekomposisi) dan akan terurai menjadi bahan yang lebih kecil dan tidak berbau (sering disebut dengan kompos).

Limbah ini mudah membusuk, seperti sisa makanan, sayuran, daun-daunan kering, potongan-potongan kayu, dan sebagainya. Jenis limbah terdiri atas bahan-bahan yang besifat organik seperti dari kegiatan rumah tangga maupun kegiatan industri.  Limbah ini juga bisa dengan mudah diuraikan melalui proses yang alami. Limbah ini mempunyai sifat kimia yang stabil sehingga zat tersebut akan mengendap kedalam tanah, dasar sungai, danau, serta laut dan selanjutnya akan mempengaruhi organisme yang hidup didalamnya.

Limbah organik yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan, berdasarkan kandungan airnya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu  Basah dan  Kering Limbah Organik Basah dan Limbah Organik Kering.

Pengertian Limbah Organik Basah

Jenis limbah ini merupakan bahan sisa yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Contohnya seperti : kulit sayuran atau dedaunan dan kulit buah. Sampah Organik Basah yang dapat digunakan sebagai  karya kerajinan adalah seperti  biji-bijian, kulit bawang, kulit buah ataukulit jagung, jerami dan sebagainya.

Sebelum dijadikan sebagai bahan dasar atau modal dalam membat kerajinan harus dikeringkan terlebih dahulu. Untuk  mengeringkannya  limbah organik basah ini tentu dapat dilakukan dengan cara pengeringan memanfaatkan  sinar matahari secara langsung ini hingga kadar air yang ada dalam limbah organik habis. Limbah atau sampah  yang telah kering merupakan salah satu bahan baku yang nantinya akan dan dapat dibuat berbagai macam pernak-pernik yang bernilai ekonomis tinggi. Proses  pengolahan bahan baku menjadi bahan yang siap pakai ini ditentukan oleh si pengrajin.

Limbah Organik Kering

Sedikit membahas tentang sisa bahan atau limbah yang memiliki kandungan air cukup rendah. Seperti contohnya ialah kertas, kardus, kerang, tempurung kelapa, kayu, kulit telur dan sebagainya. Banyak dari bahan-bahan ini dapat lagung digunakan kembali sebagai salah satu karya kerajinan karena memiliki sifat yang kuat serta tahan lama.



Sama halnya dengan bahan organik yang basah, proses bahan baku menjadi bahan yang siap pakai juga ditentukan oleh si embuatnya.
Back to Content ^

Jenis Sampah Organik Basah

Negara Indonesia merupakan penghasil bahan dasar dari limbah yang dapat dijadikan banyak jenis  kerajinan. Hasil kerajinan dari bahan limbah  yang beragam, sangat kreatif, berinovatif, dan selalu maju dan berkembang dan sudah banyak  dikenal di mancanegara. Negara Indonesia merupakan salah satu  negara eksportir terbesar hasil kerajinan yang dibuat oleh tangan. Banyak manusia dengan tangan-tangan yang terampil dan pemikiran dengan ide-de yang kreatif serta inovatif karya anak bangsa cukup dikagumi oleh bangsa lain. Sebagai warga Negara inonesia kita patut bangga akan hal tersebut. Nah, salah satu bahan kerjinan limbah adalah limbah organik.

Limbah orrganik basah adalah Sampah yang mempunyai kandungan air cukup tinggi. Contohnya; kulit –kulit buah-buahan dan kulit sayuran atau daun-daunan. Banyak sekali sisa hasil tanaman di Indonesia yang dapat dimanfaatkan sebagai  bahan kerajinan Contoh limbah-limbah organik basah yang dapat kita manfaatkan menjadi kerajinan antara lain; kulit jagung, kulit bawang, kulit buah/biji-bijian, jerami dan sebagainya.


Pengolahan limbah organik basah dapat dilakukan dengan cara pengeringan menggunakan sinar matahari langsung hingga kadar air dalam bahan limbah organik habis. Bahan yang sudah kering merupakan bahan baku yang nantinya dapat dibuat berbagai macam produk kerajinan. Proses bahan baku menjadi bahan yang siap pakai ditentukan oleh pengrajin, apakah akan dicelup warna atau diberi pengawet agar kuat dan tahan lama, semua dipengaruhi oleh tujuan si pembuat.

Pada tangan orang yang terampilimbah dapat disulap menjadi barang yang bernilai ekonomi tinggi, barang yang dianggap hanya mengganggu dan menimbulkan bau ternyata dapat bermanfaat dan memberikan berkah. Tidak harus berpendidikan tinggi untuk dapat mengolah limbah menjadi barang yang bergunaHanya orang yang tekun dan mau berusaha maka akan mendapat hasil yang setimpal.
Back to Content ^

Kerajinan Tangan Dari Bahan Limbah Organik

Limbah organik yang dipakai sebagai bahan dasar untuk  kerajinan tangan dari bahan limbah organik bisa dibedakan jadi 2 sisi, yakni :

1.  Limbah Organik Basah
Jenis limbah ini memiliki kadar cukup tinggi. Misalnya ; sisa kulit buah serta sisa sayur-sayuran atau daun-daunan yang telah jatuh ditanah. Contoh limbah organik basah yang bisa dijadikan karya kerajinan adalah  kulit dari buah-buahan, atau biji-bijian, batang jerami, kulit tanaman jagung, kulit tanaman bawang dan masih banyak lagi contoh lainnya.

Pengolahan jenis limbah organik basah bisa lakukan apabila sudah melalui proses pengeringan, sedangkan proses pengeringan dapat memakai panas dan sinar cahaya matahari langsung maupun  serta tidak langsung sampai kadar air pada bahan limbah organik berkurang atau habis. Bahan kerajinan  yang telah kering adalah bahan dasar atau bahan baku yang nanti bisa di buat beragam jenis product kerajinan. Sedangkan proses lain pada bahan baku atau bahan setengah jadi,  bahan yang siap gunakan ditetapkan oleh pengrajin, nanti akan beri warna atau dicampur pengawet supaya kuat serta tahan lama, semuanya di pengaruhi oleh maksud si pembuat.

2.  Limbah Organik Kering
Sedangkan limbah organik kering merupakan baarang sisa atau sampah yang memiliki kadar air cukup rendah. Contoh limbah organik kering ini adalah tempurung kelapa, sisik ikan, serbuk gergaji, kertas kardus, kayu, kerang, kulit telur, dsb. Dari semua contoh dan  semua limbah organik kering  bisa di olah atau di buat bahan baku untuk karya kerajinan, lantaran sifatnya yang kuat serta tahan lama. 

langkah-langkah proses limbah organik kering tidak perlu banyak persiapan, dikarenakan kadar air yang rendah atau sudah kering sehingga jenis limbah ini bisa segera dipakai. Namun, kita masih membutuhkan antisipasi apabila bahan limbah organik kering tersebut tiba-tiba terkena air, untuk itu langkah pengeringan memakai panas cahaya matahari secara langsung atau dengan bantuan alat pengering lain sampai kadar air pada bahan baku kerajinan dari limbah organik dapat seperi dalam kondisi semula. Bahan dasar limbah organik kering adalah bahan dasar atau baku yang nantinya bisa di buat menjadi beragam jenis produk kerajinan. Proses lain bahan organik basah, bahan dasar atau baku jadi bahan yang siap digunakan ditetapkan oleh pengrajin, nantinya akan diwarnai atau di beri pelapis supaya kuat serta tahan lama, serta semua juga di pengaruhi oleh maksud pembuat karya kerajinan tangan dari bahan limbah organik tersebut.
Back to Content ^

Contoh Kerajinan dari Limbah Organik Basah

1. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Pelepah Pisang

Kerajinan dari Pelepah pisang
Kerajinan dari Pelepah pisang
Banyak orang yang berfikibahwa pelepah pisang yang kering yakni sampah yang tak memberikan manfaat. Ternyata, pelepah pisang dapat kita olah dan dimanfaatkan manfaatkan lagi serta dapat juga dikatakan untuk dijadikan karya seni kerajinan dari bahan sisa-sisa yang hasilnya sangat indah dan berharga tinggi.

2. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Bonggol Jagung
Di Indonesia tanamanan jagung merupakan tanaman yang mudah kita jumpaiKebanyak para petani yang telah memanen tanaman jagung dan memisahkan antara bonggol jagung dengan biji jagung hanya digunakan sebagai bahan bakar atau biasanya cuma digunakan untuk "diang" atau dibakar saja untuk mengusir nyamuk di kandang sapi atau kandang ternak lainnya. Banyak orang belum tahu tentang jenis kerajinan yang dihasilkan dari bonggol jagung dengan pengolahan yang tepat dan benar, ternyata bonggol jagung merupakan bahan yang sangat bagus sebagai bahan kerajinan tangan.
 
3. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Jagung
Selain diambil bonggolnya ternyata kulit jagung juga dapat digunakan sebagai bahan kerajinan. Siapa yang menyangka baik biji, kulit, batang dan bonggolnya pun dapat dimanfaatkan. Di tangan orang yng kreatif limbah kulit jagung dapat disulap jadi hiasan cantik, hiasan kerajinan limbah organik dari kulit jagung yng mampu memberikan fungsi yang sangat bermanfaat yaitu sebagai sarana untuk  memperindah ruang dirumah Kamu. 
Limbah dari kulit jagung bisa dirubah jadi bentuk-bentuk hiasan berbentuk bunga-bunga yang dengannya tambahan warna yang menarik. Proses yang dilakukan untuk merubah bahan dasar kulit jagung dirubah sebagai hiasan kerajinan dari bahan limbah organik ini bisa di lakukan yang dengannya cukup sederhana dan caranya cukup gampang, Apabila kamu ingin belajar mencobanya, tanpa belajar dari ahlinya pun kamu kamu pula bisa mengerjakannya dan membuat sendiri hiasan dengan motif dan bentuk yang kamu inginkan. Kerajinan tangan dari limbah organik dan tips membuatnya biasanya sering  dijadikan tugas  oleh guru-guru seni budaya dan keterampilan yang ada di sekolah-sekolah, dengan alasan bahan yang digunakan murah dan gampang untuk mendapatkannya 
 
4. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Basah Kulit Bawang Putih
Kulit bawang putih yang sering digunakan sebagai masakpun ternyata dapat juga digunakan sebagai bahan dasar atau bahan bagu untuk membuat kerajinan tangan. Bila kulit bawang yang masih dalam kondisi basah maka apabila dibiarkan begitu saja akan membusuk, hal ini akan menyebabkan berbagai masalah bagi  manusiaAgar dapat dijadukan sebagai bahan baku atau bahan dasar pembuatan kerajinan tangan, maka harus dikeringkan terlebih dahulu, proses utuk pengeringan  jenis limbah organik ini bisa memakai oven ataupun di jemur dibawah panas cahaya matahari. Kerajinan tangan dari bahan dasar atau bahan baku kulit bawang putih ini adalah kerajinan dari bahan limbah organik basah yang  gampang pembuatannya.

5. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bawang Merah
Hampir sama dengan bawah putih manfaat lain dari kulit bawang merah bisa dipakai menjadai bahan  adasar atau bahan baku untuk membuat kerajinan dari bahan limbah organik. Prosesnya juga sama sebelum bahan limbah organik ini dipakai untuk kerajinan tangan, bahan dasar kulit bawang harus dikeringkan dengan cara dijemur dibawah cahaya matahari ataupun dapat di oven jika dalam kondisi atau cuaca sehing turun hujan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi kadar air. Kulit bawang merah dapat digunakan  menjdai karya seni. 

6. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Bawang Merah
Tidak juga si kulit, namun bawang merah dari sisi yang lain. Bumbu dapur ini juga mamu menarik hati si pengrajin apabila dilihat dari kaca mata keindahan. Bumbu dapur ini apabila dikemas secara kreatif menjdai hiasan kerajinan dari bahan organik yang gampang dibuat. Hiasan yng bisa dipasang di rumah ataupun beberapa tempat lain yng kita sukai. 

7. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kacang Kacangan / Biji-Bijian
Limbah biji atau kacang-kacangan dapat juga dirubah menjadi bahan dasar untuk membuat kerajinan tangan yang eksotis dan memiliki nilai jual tinggi. Sebetulnya apa kelebihan yang dimiliki oleh seorang seniman atau pecinta seni yang dapat membuat barang-barang sisa dapat menjadi barang multi fungsi dan barang kerajinan dengan nilai jul jutaan hingga puluhan juta rupiah. 
8. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Jerami
Batang tumbuhan padi yang biasanya disebut yang dengannya nama batang jerami ini merupakan jenis limbah organik basah dari hasil  pertanian yang jumlahnya sangat melimpah di daerah persawahan. Apalagi pada waktu musim panen padi tiba. Hingga kini jerami umum dipakai menjadi makanan ternak, media tanam jamur merang. Meskipun demikian jerami yng ada masihlah berlimpah meskipun kerap cuma dibakar. Kadang-kadang petani memakainya menjdai bahan bakar waktu pembakaran batu bata ataupun genteng yng dikerjakan di daerah sawah. 

Limbah tanaman padi ataupun batang jerami itu nyatanya mampu diolah menjadi bahan dasar kerajinan tangan dari bahan limbah organik yng cukup unik dan artistik. Hasil kerajinan jenis kerajinan limbah organik jerami masihlah salah satunya langka, sampai-sampai begitu punya potensi yng besar agar mampu dikembangkan. Pada umumnya orang-orang yng tinggal di dekat persawahan ataupun pasar pastinya tidak menjumpai kesulitan untuk menemukan atau mencari limbah jerami dan tidak butuh mengeluarkan tidak sedikit dana bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat kerajinan dari bahan limbah organik ini . 

9. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Kerang
Diarea pantai atau area wisata pantai sering kita jumpai kerajinan tangan berasal dari bahan kerang yang dengannya bentuk hewan ataupun pajangan yng lain. Kalian tidak perlu membeli untuk kerajinan tangan yang berasal dari kulit kerang karena kalau kalian berwisata dipantai maka akan menjumpai banya berbagai jenis kerang bisa dimanfaatkan untuk bahadasar membuat kerajinan.
Kalian dapat mengampul semampu kalian dan tidak perlu membayar, kalian juga dapat melihat di youtube atau tutorial pada website utuk membuatnya. Bahkan hasil kerajinan yang akan kalian ciptakan tidak kalah dengan milik sipenjual tersebut.

10. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Telur
Hampir semua keluarga yang ditinggal di desa kota atau area lain pasti pernah memasak telor sebagai lauk untuk hidangan makanan, pernah berfikit bahwa kulit telur tersebut dapat juga dimanfaatkan sebagai bahan kerajinanbanyak dari kita hanya memasak isinya, kulit telur biasanya jadi limbah tak memberikan manfaat. Namun, pada orang yang memiliki kemampuan atau kelebihan dibidang seni, kulit telur yng rapuh itu mampu berubah menjadi alat kanvas, tempat jutaan inspirasi bermuara jadi karya.
Kerajinan tangan dari limbah organik dan tip dari bahan dasar kulit telur tidak membutuhkan modal yang banyak dan pada umumnya alat-alat serta bahan untuk membuatnya relif murah harganya, tergantung kita mampu mengolahnya atau tidak.

11. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Tempurung Kelapa
Isi dari kulit kepala atau batok ini dapat di daur ulang kembali menjadi bahan kerajinan tangan, dan batok kelapa ini  merupakan satu diantara bentuk dari menjaga kelestarian lingkungan, mengapa demikianalasan utamanya adalah  kita mampu menolong bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi jumlah sampah atau barang tidak terpakai dari tempurung kelapa ini yng ada di sekeliling lingkungan kita. Menciptakan hiasan dari bahan limbah organik batok kelapa jadi barang maupun satu barang unik dan tempil beda  dan lebih inovatif sampai-sampai mampu berharga ekonomis tinggi. 

12. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Sabut Kelapa
Benda yang satu ini hampir seluruh bagian dari tanaman dapat digunakan dan memiliki fungsi utama dalam urusan ibu rumah tanggaPada jaman dahulu sebelum orang banyak memakai minya dari kelapa sawit, banyak keluarga yang berasal di desa menggunakan minyak yang dibuat sendiri dari kelapa, sehingga banyak sekali limbah organik basah  yang dihasilkan . 
Batang pohon kelapa bisa menghasilkan banyak sekali hasil kerajinan, kayu dari batang kelapa menjdai bahan bangunan, meubel, dan jembatan. Pada bagian daun bermanfaat menjdai bahan sapu, anyaman, atap, dan hiasan. Dari batoknya umumnya digunakan menjdai bahan bakar atau arang untuk membakar sate dan kerajinan dari bahan limbah organik. 

Biasanya sabut dari kelapa hanya dibuang menjadi sampah atau limbah yang tidak dipakai, padahal sabut kelapa merupakan salah satu bahan yang dapat dijadikan bahan dasar pembuatan kerajinan.

13. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kayu Kelapa
Tanaman kelapa memiliki banyak sekali manfaaat mulai dari buah, serabut, batok dapat digunakan dan dimanfaatkan. Tamanan kelapa bagian batang  bisa dijadikan beragam jenis kerajinan tangan dari bahan limbah organik suvenirDan pada umum nya batang kelapa banyak digunakan sebagai bahan bangunan untuk membuat rumah.

14. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Dahan Salak
Batang atau dahan tanaman salak begitu berlimpah,  namun tidak banyak orang yang memahaminya bahwa dahan dari tanaman salah lebih memberikan manfaat oleh petani salak, selain hanya dibiarkan saja diatas tanah kemdian  membusuk yang dengannya sendirinya, pemangkasan dahan salak pula dikerjakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempermudah mengambil buahnya.
 
Cara untuk mengolah bahan dasar menjadi bahan baku siap untuk dipakai menjadi kerajinan dahan tanaman  salak memerlukan waktu tidak banyak lebih lama. Untuk mengambil dahan salak jadi bahan baku kerajinan dari bahan limbah organik membutuhkan orang yang sudah terampil dan sudah berpengalaman dibidangnya, karena apabila tidak hati-hati akan terkena duri salah, dan ini sangat berbahaya, karena apabila tidak ditangani kan menyebakan sakit.

15. Kerajinan Dari Bahan Limbah Organik Kulit Bambu
Tanaman bambu merupakan tanaman yang banyak dijumpai dinegara indoensia, hampir diseluruh pulau yang ada di indonesia memiliki tanaman bambu, namun berbeda jenisnya. Kebanyakan tanaman bambo hanya dipakai  anyaman bambu, kerajinan dari bahan limbah organik basah ini bisa pula dipakai menjadi bahan pembuatan  kebutuhan alat keluarga. 
Tanaman bambu juga dapat digunakan sebagai banyak anyaman kerajinan yang bernilai seni untuk menghiasi plapon rumah, tentunya dengan teknik dan model tetentu sehingga menjadi daya tarik tersendiri. 
Back to Content ^

Semoga Artikel tentang Limbah Organik Basas dapat memberikan tambahan informasi dan referensi dalam mengerjakan tugas.