-->

Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan Tahun 2018-2022

Informasi Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan  Tahun 2018-2022

Informasi sekaligus kabar gembira bagi Guru dan Tenaga Kependidikan terkait pelaksanaan sertifikasi bagi duru dalam jabatan melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan, Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan akan membuka Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan  Tahun 2018-2022.  Pelaksanaan PPG dalam jabatan berpedoman pada peraturan Pemerintah No 19 Tahun2017 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru

Persyaratan Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan  Tahun 2018-2022

Sehubungan dengan hal tersebut disampaikan informasi  terkait dengan pelaksanaan PPG dalam Jabatan sebagai berikut :
1. Calon Peserta  PPG Dalam Jabatan adalah guru yang diangkat sampai dengan tanggal31 Desember 2015 dan sudah tercatat dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) per tanggal 31 Juli 2018
2. Calon peserta wajib memenuhi persyaratan akademik dan administrasi. Persyaratan Akademiki yaitu memeiliki nilai minimum yang diperoleh dari tes kemampuan akademiki (Pree test)
3. Calon Peserta Wajib melakukan pendaftaran melalui situs Http://simpkb.id dengan mengisi program studi PPG yang dipilih sesuai dengan ijasah S-1/D-IV.
4. Verifikasi dan Validasi akan dilakukan untuk melihat kesesuaian antara program studi  PPG yang dipilih dengan ijasah S-1/D-IV yang dimiliki.
5. Calon Peserta yang dinyatakan lolos verifikasi dan validasi S-1/D-IV akan megikuti pretest di tempat uji komptensi (TUK) yang akan ditetapkan
6. Persyaratan, tata cara pendaftaran jadwal pendaftaran, jadwal pretest calon Peserta PPG dalam Jabatan dan daftar lineritas sebagaimana terlampir

Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan

1.  Persyaratan akademik

Calon peserta PPG Dalam Jabatan harus mengikuti seleksi kemampuan akademik melalui tes online. Seleksi kemampuan akademik meliputi tes potensi akademik (TPA), tes pedagogik, tes bidang studi, dan tes bakat dan minat.
Standar minimal nilai hasil seleksi kemampuan akademik calon peserta ditetapkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, untuk tahun 2018 ditetapkan batas lulus pretest adalah 50 untuk program studi kejuruan dan 60 untuk program studi non kejuruan.

2.  Persyaratan administrasi

Calon peserta wajib memenuhi persyaratan administrasi sebagai berikut. a.  Diangkat sebagai guru sampai dengan 31 Desember 2015.
b.  Terdaftar pada Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan per tanggal 31 Juli 2017.
c.  Memiliki NUPTK (dapat dipenuhi setelah lulus pretest).
d.  Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari perguruan tinggi yang memiliki program studi yang terakreditasi, dibuktikan dengan scan ijazah S-1/ D-IV.
e.  Berkualifikasi akademik S-1/D-IV yang sesuai dengan program studi pada PPG yang akan diikuti.
f.   Masih aktif mengajar dibuktikan dengan memiliki SK pembagian tugas mengajar dari kepala sekolah 5 (lima) tahun terakhir (mulai tahun 2014 sampai dengan 2018).
g.  Berstatus guru PNS, guru Bukan PNS di sekolah negeri, dan guru tetap yayasan (GTY). Guru bukan PNS di sekolah negeri dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Kepala Daerah atau Kepala Dinas Pendidikan 5 (lima) tahun terakhir (mulai tahun 2014 sampai dengan 2018).
h.  Berusia setinggi-tingginya 58 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun 2018.
i.   Sehat jasmani dan rohani.
j.   Bebas Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya (Napza). k.  Berkelakuan baik. Persyaratan guru bukan PNS di sekolah negeri seperti disebutkan pada huruf g di atas, hanya berlaku untuk pendaftaran dan pelaksanaan PPG Dalam Jabatan, tidak berlaku untuk persyaratan pembayaran tunjangan profesi pendidik. Biaya pelaksanaan PPG Dalam Jabatan bagi guru bukan PNS di sekolah negeri menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah atau Satuan Pendidikan, kecuali guru yang mengajar di daerah khusus (3T).

Tata Cara Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan 

1.  Aplikasi  pendaftaran  calon  peserta  PPG  Dalam  Jabatan  dapat  dibuka  melalui  alamat http://simpkb.id.
2.  Guru membuka situs tersebut  untuk melakukan  pendaftaran sebagai  calon Peserta PPG Dalam Jabatan dengan menggunakan akun individu masing-masing. Guru mengunggah (upload) hasil pindai (scan) ijazah asli S-1/D-IV. Bagi guru yang terkendala dengan akses internet, pendaftaran dapat dibantu oleh kepala sekolah atau dinas pendidikan.
3.  Guru menetapkan program studi yang akan diikuti dalam PPG. Ketentuan penetapan program studi PPG adalah linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV yang dimiliki. Daftar linieritas program studi PPG pada Lampiran II.
4.  Guru mengisi nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ijazah S-1/D-IV.
5.  LPMP melakukan verifikasi dan validasi kesesuaian atau linieritas antara program studi PPG yang dipilih dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-4. Hasil verifikasi dan validasi tersebut dinyatakan dengan 3 (tiga) kategori sebagai berikut.
a.  “Diterima” jika program studi PPG yang dipilih linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S-1/D-IV.
b.  “Ditolak” jika program studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV dan tidak dimungkinkan adanya perbaikan. Contoh: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Hukum tidak linier dengan program studi PPG yang ada.
c.  “Diperbaiki’ jika bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV tetapi dimungkinkan adanya perbaikan. Contoh: Guru dengan kualifikasi akademik Sarjana Bahasa Inggris memilih program studi PPG Guru Kelas SD. Jika Guru tersebut ingin mengikuti PPG maka guru harus memperbaiki program studinya menjadi Bahasa Inggris.
6.  Guru yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “diterima” dinyatakan sebagai peserta pretest PPG Dalam Jabatan.
7.  Waktu dan tempat pelaksanaan pretest akan diinformasikan setelah proses penempatan (plotting) peserta pretest ke TUK selesai.
Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan Tahun 2018-2022
Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan Tahun 2018-2022


Jadwal 
PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan Tahun 2018-2022


No
Kegiatan
Waktu

1
Pendaftaran calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh Guru

17 Februari – 2 Maret 2018

2
Verifikasi dan validasi linieritas antara bidang studi
PPG dengan ijazah S-1/D-IV oleh LPMP

19 Februari – 5 Maret 2018
3
Penetapan TUK oleh LPMP
19 – 21 Februari 2018

4
Penempatan (Plotting) TUK calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh LPMP

6 – 10 Maret 2018

5
Cetak kartu calon peserta Pretest PPG Dalam Jabatan oleh Guru

12 - 14 Maret 2018

6
Pelaksanaan Pretest PPG Dalam Jabatan di TUK oleh
Ditjen GTK

20 - 31 Maret 2018


Lampiran I  Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan Tahun 2018-2022

Lampiran II  Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan Tahun 2018-2022

Download Surat Edaran 

Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan Tahun 2018-2022

Semoga Informasi tentang Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan untuk Pelaksanaan Tahun 2018-2022 dapat bermanfaat.