-->

Cara Mengatasi error Tidak terhubung dengan database. #2 Pada Aplikasi Dapodik 2018.b

Akhirnya mengalami juga pengalaman tidak menyenangkan berkaitan dengan Aplikasi Dapodik 2018.b. Beberapa hari terkahir ramai diperbincangkan bahwa banyak sobat opreator yang mengalami error pada Aplikasi Dapodik 2018.b, pada saat dibuka aplikasi tersebut muncul pesan "Tidak terhubung dengan database. #2". Sempat puyeng juga dibuatnya.
error Tidak terhubung dengan database. #2
error Tidak terhubung dengan database. #2  pada Aplikasi Dapodik
Namun jangan khawatir, masa Operator Sekolah kalah sama aplikasi ... ha  ha ha, ada beberapa solusi yang bisa kami berikan dan mudahan - mudahan dapat membantu mengatasi Aplikasi Dapodik 2018.b error Tidak terhubung dengan database. #2, solusi tersebut adalah dengan membersihkan cache broser dan registri pada hardware yang sobat gunakan, sobat dapat menggunakan aplikasi CCleaner atau secara manual.

Untuk mengatasi error "Tidak terhubung dengan database. #2" pada aplikasi dapodik dengan cara
1. CCleaner terbaru (aplikasi untuk membesihkan cache dan registri)
2. Membersihkan cache google chrome
3. Membersihkan cache mozilla firefox

Penyebab setiap hardware atau laptop berbeda mungkin karena terjadi crash atau registri dan munkin juga disebabkan oleh faktor lain. Namun, apabila dengan cara diatas masih tidak dapat digunakan coba sobat gunakan langkah dibawah ini

Cara Mengatasi error Tidak terhubung dengan database. #2 Pada Aplikasi Dapodik 2018.b

Apabila langkah diatas tidak dapat mengatas permasalahan sobat mengenai . Tidak terhubung dengan database. #2 Pada Aplikasi Dapodik 2018.b. Aplikasi Dapodik Versi 2018.b mempunyai masalah yaitu " Tidak Terhubung Dengan Database #2 " atau We are sorry , but something terribly wrong ". Baiklah saya akan bahas langsung cara mengatasi Dapodik Tidak Terhubung Dengan Database #2 , dan kenapa aplikasi dapodik muncul We are sorry , but something terribly wrong. Perhatikan baik-baik panduan berikut ini.
  • Ada kemungkinan anda menggunakan Aplikasi Pihak ke 3 atau Tools, sehingga menyebabkan Aplikasi Dapodik tersebut Rusak atau Eror, sehingga menyebabkan dapodik saat mau Login ke localhost:5774 Tidak bisa di buka,
  • Jika Terinstal E-raport sebaiknya di Uninstal terlebih dahulu, jika sudah bisa atasi dapodik tersebut maka download Aplikasi E-raportnya lagi.
  • Jika Belum Teratasi, coba cara ini, Coba Stop servisces DapodikWebSrv nya dan juga DapodikDB dengan menekan Start >> ketik Run >> Enter
run windows 7
run windows 7
  • Atau sobat dapat menggunakan tombol kominasi "windows" + "R"
tombol windows + R
windows + R
  • Maka setelah anda tekan seperti diatas akan muncul perintah CMD yang anda bisa ketik Services.msc >> Ok
perintah cmd
perintah cmd

Cari nama DapodikDB >> Setelah ketemu klik 1 kali maka akan ada (Stop, Pause, dan Restart), Maka anda klik Stop
Ketik Services.msc Setelah itu Klik Stop  setelah itu jalankan lagi Seperti biasanya. 
stop dan start servicess
stop dan start servicess
( jika Keterangannya Running maka Dapodik tersebut Normal tidak ada yang bermasalah)
  • Dan Coba Login Kembali pada aplikasi Dapodiknya, tapi sebelumnya di Clear history dulu browsernya.
  • bagaimana sobat sudah jalan aplaikasi dapodik nya???
Apabila aplikasi sobat masih mengalami Ero, Apa boleh buat, sobat ambil tindakan atau jurus pamungkas dengan  Uninstal Aplikasi Dapodik Tersebut, Setelah itu Download Aplikasi Dapodiknya dan Instal Dapodik 2018.b.

Tips buat sobat operator langkah atau tutorial tentang
1. Cara Unistall Aplikasi Dapodik dengan benar
2. Cara Install Aplikasi Dapodik dengan benar
3. Cara registrasi Aplikasi Dapodik
4. silahkan istirahat / ngopi dulu kalau capek

Untuk point 4 khusus buat sobat yang doyan ngopi, semoga artikel tentang Cara Mengatasi error Tidak terhubung dengan database. #2 Pada Aplikasi Dapodik 2018.b dapat bermanfaat dan bisa membantu mengatasi permasalahan sobat operator semua. Salam Satu Data.