-->

Cara Menggunakan Mail Merge


Apa itu mail merge dan apa funsgi mail merge?

Mail merge adalah salah satu fasilitas yang ada pada program aplikasi microsoft word dan funsgi dari mail merge adalah membantu kita untuk membuat sebuah file berupa dokumen  yang isi dokumen tersebut sama, namun  untuk penerima maupun alamat berbeda secara cepat dan mudah. Fasilitas dari mail merge ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak. 

Fungsi lain Mail merge juga dapat dibuat untuk membuat sertifikat, label, dan amplop dan lain sebagainya. Bagi kalian yang bekerja sebagai pencetak undangan mungkin sudah tidak asing lagi dengan fasilitas tersebut. Namun, bagi kalian yang baru terjun ke dunia percetakan atau administrasi harus mengetahui fungsi mail merge dan cara membuat mail merge.
 
Cara Menggunakan Mail Merge
Cara Menggunakan Mail Merge

Cara Menggunakan Mail Merge

Cara membuat mail meger mungkin lebih tepatnya. Sebenarnya caranya cukup mudah kita hanya perlu menyediakan form berupa dokumen microsoft word dan data base dari microsoft exel. Untuk tutorial lengkapnya silahkan simak artikel lengkap dibawah ini :
Langkah-Langkah Membuat Mail Merge
  1. Buat terlebih dahulu form dari microsoft word seperti surat undangan, sertifikat, label ataupun data lain.
  2. Buat data base dari microsoft exel yang berisi Nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat dan mungkin data penunjang lain.
  3. Save data exel tersebut.
  4. Kemudian pada lembar kerja microsoft word klik menu mailings
  5. Pilih start mail merge
  6. Pada kotak pengaturan mail marge yang muncul pada bagian kanan monitor, klik tombol next 3 kali
  7. Pada step ke 3 pilih browse, pilih data base dari mincrosoft exel yang telah dibuat.
  8. Kemudian klik next sampai selesai semua step.
  9. Masih pada lembar kerja microsoft word, pada menu mailings, pada group write dan insert fields piliah insert merge fields, silahkan pilih satu-satu data isian tersebut.
  10. Klik auto cheks for error apabila sudah selesai


Mudah bukan cara menggunakan mail merge atau cara membuat mail merge. Apabila kalian masih mengalami kesulitan dengan tutorial diatas silahkan simak video tutorial tentang cara menggunakan mail merge yang telah saya siapkan.

Video tutorial cara menggunakan mail merge


Video cara membuat mail meger

Apabila kalian mengalami kesulitan silahkan ajukan pertanyaan melalui kolom komentar. Semoga artikel tentang cara menggunakan mail merge dapat bermanfaat. Jangan lupa membagikan artikel tersebut agar lebih bermanfaat lagi.