-->

12 Tips Cara Membuat Sketsa Sederhana

12 Tips Cara Membuat Sketsa Sederhana

Membuat sketsa adalah alat sederhana namun hebat bagi siapa saja yang terlibat dalam pembuatan produk digital. Pens, kertas dan papan tulis sudah tersedia di setiap kantor; Tidak perlu perangkat keras atau perangkat lunak mahal. Cepat, harganya murah dan kita tidak harus menjadi seniman untuk menuliskan sebuah diagram sederhana yang menjelaskan gagasan kita.
sketsa tangan

Tip sketsa teratas untuk pemula

Namun, tampaknya ada penghalang potensial yang menghentikan banyak orang untuk mengambil langkah pertama dan mengambil pena - terutama untuk yang berasal dari latar belakang non-desain seperti pemrograman, penelitian, atau manajemen produk. Kalimat 'Saya tidak tahu cara menggambar' bisa berlabuh di dalam kepala kita, meyakinkan kita bahwa, jika kita tidak pernah memiliki keahlian seni, membuat sketsa tidak bisa untuk kita.

Kabar baiknya adalah setiap orang bisa membuat sketsa. Pembuatan sketsa bukan tentang menciptakan karya seni, tapi mengekspresikan gagasan dan membuat konsep terlihat. Ketika harus membuat sketsa antarmuka, misalnya, garis dan kotak dikombinasikan dengan cara yang berbeda membentuk 99 persen sketsa kita.

Pada artikel ini kita akan melihat lebih dekat bahan dasar ini dan jelajahi beberapa teknik sederhana untuk membuat garis dan kotak kita lebih rapi, lebih bersih dan lebih percaya diri. Apakah kita menggunakan sketsa untuk mengklarifikasi pemikiran kita, untuk berkolaborasi dalam solusi dengan rekan kerja atau untuk mempresentasikan konsep kepada pemangku kepentingan dan klien, kita akan mempermudah setiap orang untuk 'melihat apa yang kita maksud'.

01. Menggambar garis percaya diri
Jelas, garis percaya diri memudahkan pembacaan
Garis percaya diri memiliki awal yang jelas, tengah yang tenang dan stabil, dan ujung yang solid dan pasti. Untuk berlatih membuat garis Anda lebih percaya diri, perhatikan masing-masing dari ketiga bagian garis Anda ini.

Hal ini dapat membantu untuk secara sadar berhenti sejenak dan pada akhirnya memberi kesan solid pada kedua belah pihak. Anda bahkan dapat memindahkan pena ke arah garis sebelum memulai jalur dan setelah mengakhirinya secara visual memperkuat ujungnya.

02. Jangan buang garismu
Garis terlempar sangat bagus untuk menciptakan dinamisme, tapi tidak bagus untuk sketsa yang jelas
Saat Anda membuang kalimat Anda, fokusnya adalah di awal, tapi hilang seiring perkembangannya. Laci kehilangan kontrol dan garis kehilangan definisi menjelang akhir. Garis terlempar adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan dinamisme (misalnya di papan cerita), namun saat membuat sketsa antarmuka, fokusnya adalah pada kejelasan dan keterbacaan, bukan ekspresi dinamis.

03. Angkat pergelangan tangan Anda untuk menggambar garis lurus
Jika Anda mengalami masalah dalam menjaga garis lurus, coba angkat tangan dari halaman dan tarik pena ke arah Anda, daripada mendorongnya menjauh.
Jika garis Anda - terutama yang panjang - semuanya tampak sedikit melengkung daripada lurus, coba angkat pergelangan tangan Anda dari kertas dan gerakkan seluruh lengan Anda. Anda bisa menggunakan jari kelingking Anda untuk menstabilkan tangan Anda di atas kertas.

04. Gambarkan diri anda
Cara lain untuk mencapai garis lurus adalah dengan menarik mereka ke arah diri Anda sendiri. Kita cenderung memiliki kontrol yang lebih besar atas gerakan tangan kita saat kita menarik tangan ke arah pusat tubuh kita (pusar) daripada menjauh darinya. Putar saja selembar kertas Anda saat Anda perlu menggambar garis horizontal.

05. Temukan kecepatan sketsa yang optimal
Temukan kecepatan yang tepat sehingga Anda tidak berakhir dengan garis goyah, atau garis yang tidak sesuai target
Sketsa adalah teknik yang cepat, tapi tidak perlu terburu-buru. Jangan terburu-buru pena Anda di sekitar kertas. Sebagai gantinya, carilah kecepatan yang mantap yang memungkinkan Anda mengendalikan garis dan membuat tanda yang jelas.

Jika garis Anda goyah, Anda mungkin akan terlalu lamban. Mempercepat gambar Anda dapat membantu Anda untuk membuat garis halus. Jika garis Anda tidak sesuai target, Anda mungkin akan terlalu cepat. Melambat akan membantu Anda mengendalikan jalur jalur Anda dengan lebih baik.

06. Jangan menggambar garis berbulu
Gambarlah garis panjang dan percaya diri - garis berbulu yang mengganggu
Beberapa orang memiliki kebiasaan membuat sketsa garis di banyak segmen kecil. Dari pengalaman saya, ini biasanya terjadi ketika seseorang tidak begitu percaya diri dengan membuat sketsa dan mencoba menemukan garis yang benar, sedikit demi sedikit.

Garis 'berbulu' yang dihasilkan menunjukkan ketidakamanan ini dan menambahkan noise visual ke sketsa. Berlatih membuat garis penuh dan terus menerus. Jika jalurnya tidak keluar seperti yang Anda rencanakan, taruh saja baris lain yang lebih baik di atas. Seiring waktu, ini akan menghasilkan tampilan yang lebih percaya diri dan lebih tenang.

07. Buat sketsa bentuk bening
Angkat pena Anda di antara setiap garis lurus untuk memperlambat gambar Anda dan jaga agar bentuk Anda tetap segar
Kotak adalah bentuk sederhana yang terdiri dari empat garis yang bertemu pada sudut 90 derajat. Untuk membuat sketsa kotak yang rapi, tarik masing-masing sisi secara terpisah dan angkat pena Anda di antara setiap baris. Ini akan membantu Anda menjaga setiap sisi lurus dan membuat sudutnya bagus dan pasti.

Mengangkat pena Anda secara alami memaksa Anda untuk memperlambat sedikit juga, yang merupakan salah satu cara terbaik un

08. Tutup sudut-sudut bentuk
Luangkan waktu untuk memastikan Anda menutup bentuk Anda. Kesenjangan antar baris hanya menambah noise visual
Pikiran kita akan merasakan stroke individu sebagai satu bentuk yang lengkap, bahkan jika sudutnya tidak ditutup dengan benar. Ini karena otak manusia cukup menakjubkan - terutama bagian yang berhubungan dengan persepsi visual.

Namun, meninggalkan sudut kotak Anda terbuka menciptakan kebisingan visual dan mengalihkan kekuatan pemrosesan mental dari apa yang sebenarnya ingin pemirsa Anda perhatikan. Biasakan menutup sudut kotak Anda dengan benar. Jika sudut tumpang tindih, tidak apa-apa juga.

09. Sketsa teks buta yang rapi
Memilih garis lurus untuk body copy dan zigzag yang ketat untuk header
Saat membuat sketsa, kita sering menggunakan garis dan coretan untuk mewakili teks. Ini adalah cara cepat untuk membuat sketsa judul dan blok teks sekaligus menjaga kesetiaan rendah dan mencegah pemirsa agar tidak terganggu oleh konten yang sebenarnya dan mudah dibaca.

Ketika kita tidak memperhatikan, mudah masuk kebiasaan menggunakan garis bergelombang acak (seperti yang kita kaitkan dengan tulisan tangan), terutama saat kita mencoba untuk mewakili font yang lebih besar seperti judul atau label besar. Ini lagi menambah noise visual dan membuat sketsa Anda sulit dibaca.

Biasakan menggunakan garis lurus untuk body copy dan zigzag yang rapi dan ketat untuk mewakili teks yang lebih besar.

Bila Anda memasukkan semua detail kecil ini bersama-sama, perbedaan yang dibuat pada keseluruhan tampilan sketsa Anda cukup mengesankan. Ingat, tujuannya bukan untuk membuat sketsa 'indah' ​​atau 'arty', tapi untuk membuat output Anda jelas dan tenang, sehingga pemirsa dapat fokus pada gagasan yang ditunjukkan, daripada terganggu oleh gangguan visual yang tidak perlu.

10. Pergi untuk kesetiaan rendah untuk menyampaikan konsep Anda
Berlatih mengipasi sketsa kembali ke hal-hal penting yang diperlukan untuk menangkap ide Anda
Iklan
Hans Hofmann pernah berkata: "Kemampuan untuk menyederhanakan sarana untuk menghilangkan hal yang tidak perlu sehingga yang diperlukan bisa berbicara."

Di luar keterampilan teknis hanya menghasilkan garis lurus dan kotak rapi ada sisi sketsa yang lebih rumit dan lebih konseptual. Bagian mana yang perlu saya sketsa untuk menyampaikan sebuah konsep? Apa tingkat kesetiaan yang tepat untuk tahap saya?

Saran umum saya adalah: jika Anda ingin fokus untuk menjadi lebih baik dalam satu hal, buatlah sketsa dengan kesetiaan rendah. Setelah mengajarkan sketsa kepada ratusan praktisi UX, saya telah menemukan bahwa mengurangi sketsa ke esensinya adalah tantangan terberat. Sangat mudah untuk mengalihkan perhatian dari rincian dan kehilangan kejelasan dengan menjejalkan terlalu banyak ke dalam satu sketsa.

Mempraktekkan sketsa dengan kesetiaan rendah memaksa kita meringkas konsep kompleks. Ini juga mengajarkan kita bagaimana menemukan pola dan membantu kita untuk memahami struktur. Saat kita membuat sketsa dengan kesetiaan rendah, kita menjadi komunikator yang lebih baik, karena ini membantu kita mengenali bagaimana menampilkan gambaran besar terlebih dahulu dan menyelam lebih jauh kapan dan di mana dibutuhkan.

11. Buat sketsa interface yang ada
Pangkas sketsa latihan Anda di halaman yang ada untuk fokus pada menangkap esensi desain, daripada membuat tata letak baru
Cara terbaik untuk belajar membuat sketsa kesetiaan rendah adalah berlatih membuat sketsa tata letak situs web yang ada. Hal ini memungkinkan Anda untuk fokus sepenuhnya pada apa dan bagaimana Anda membuat sketsa, karena Anda tidak harus datang dengan desain baru yang bagus pada saat bersamaan.

Membuat sketsa antarmuka yang ada juga bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu Anda jika terjebak dalam proses desain Anda. Buat sketsa antarmuka saat ini yang ingin Anda tingkatkan, atau antarmuka produk serupa, dapat membantu Anda menemukan kekurangan dan mempertanyakan status quo pada tingkat struktural yang jauh lebih dalam. Hal ini seringkali bisa mengarah pada gagasan bagaimana melakukan sesuatu secara berbeda.

12. Bayangkan audiens Anda
Pilih layar dari situs web, antarmuka perangkat lunak atau aplikasi seluler. Bayangkan Anda ingin menjelaskan kepada seseorang tentang layar ini dan apa bagian utamanya. Untuk memfokuskan latihan, bayangkan Anda berbicara dengan orang tertentu: manajer produk, perancang visual, pengembang, editor konten, calon investor. Bergantung pada siapa khalayaknya, sketsa Anda akan berfokus pada aspek desain layar yang berbeda.

Tantang diri Anda untuk membuat sketsa keseluruhan struktur terlebih dahulu dan untuk menjaga jumlah detail seminimal mungkin. Biasanya dibutuhkan beberapa putaran sketsa untuk turun ke esensi.

Semoga bermanfaat artikel tentang 12 Tips Cara Membuat Sketsa Sederhana, silahkan manfaatkan untuk menambah kepercayaan diri dalam membuat sketsa.

Artikel disarankan :
Cara memotong dan menggabungkan file mp3