-->

Bagaimana Cara Menyembuhkan Bintik-Bintik Hitam pada Kulit

Saat kulit terkena sinar matahari, hal itu menyebabkan peningkatan produksi sel yang dikenal sebagai melanosit yang meningkatkan melanin di kulit, sehingga kulit menjadi lebih gelap. Bintik-bintik kulit gelap ini dikenal sebagai bintik-bintik coklat, bintik-bintik penuaan, bintik hitam, bintik-bintik matahari dan bintik-bintik hati.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Bintik-Bintik Hitam pada Kulit
bintik hitam pada kulit

Bintik coklat umumnya muncul pada area kulit yang terpapar seperti wajah, punggung, leher, dada, bahu dan tangan. Beberapa penyebab utama bercak coklat adalah paparan sinar matahari, penuaan, dan genetika. Faktor-faktor seperti stres, kehamilan, kekurangan vitamin, dan fungsi hati lemah juga dapat menyebabkan masalah ini.

Bintik-bintik biasanya tidak berbahaya, tapi banyak yang menganggapnya tidak menarik. Untuk meringankan bintik coklat, Anda bisa mencoba beberapa perawatan alami yang mudah dan alami.

Berikut adalah 10 cara terbaik untuk menghilangkan bintik coklat pada kulit Anda.

1. Jus lemon

Jus lemon memiliki khasiat pemutihan yang bisa membantu menyingkirkan bintik-bintik coklat. Plus, ini membantu menjaga kulit lembut, bersih dan indah.

  • Cukup oleskan jus lemon segar langsung ke daerah yang terkena. Biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Ulangi obat ini dua kali sehari selama sekitar dua bulan untuk mengetahui hasil positif. Jika Anda memiliki kulit sensitif, encerkan jus lemon dengan air, air mawar atau madu.
  • Pilihan lainnya adalah mencampur cukup gula dalam jus lemon untuk membuat pasta dan menggunakannya sebagai scrub pada wajah Anda, terutama pada bercak coklat Anda. Akhirnya, bilas saja setelah 5 sampai 10 menit. Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu. Anda juga bisa menambahkan minyak olive dalam resep ini.


2. Buttermilk

Buttermilk mengandung asam laktat yang membantu mengelupas kulit untuk menghilangkan noda dan bintik coklat tanpa mengeringkan kulit Anda.

  • Oleskan buttermilk pada noda cokelat Anda menggunakan bola kapas. Biarkan selama beberapa menit sebelum mencuci daerah dengan air. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat, Anda juga bisa menambahkan beberapa jus lemon ke buttermilk.
  • Pilihan lainnya adalah mencampur empat sendok teh buttermilk dan dua sendok teh jus tomat bersama-sama dan kemudian oleskan campuran ini ke kulit yang terkena.

Ulangi salah satu dari pengobatan ini satu atau dua kali sehari sampai Anda puas dengan hasilnya.

3. Minyak jarak

Minyak jarak memiliki khasiat penyembuhan yang kuat dan bisa digunakan secara efektif untuk menghilangkan bintik coklat atau bintik-bintik penuaan. Seiring dengan minyak jarak, Anda bisa menggunakan minyak vitamin E, minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak almond untuk menghilangkan bintik coklat.

  • Gunakan bola kapas untuk menerapkan minyak jarak di daerah yang terkena.
  • Perlahan pijat area selama beberapa menit.
  • Biarkan selama beberapa jam dan kemudian bersihkan.
  • Lakukan ini sekali di pagi hari dan sekali di malam hari untuk membantu bintik-bintik coklat memudar dan membuat warna kulit Anda pun rata.


4. Cuka Apel

Cuka sari apel merupakan obat yang efektif untuk sejumlah masalah kulit termasuk bercak coklat. Ini akan membantu mengering dan memudarkan bintik-bintik lebih cepat.

  • Encerkan beberapa cuka sari apel dengan jumlah air yang sama. Anda juga bisa menambahkan beberapa madu. Oleskan larutan ini ke tempat coklat Anda dan cuci bersih setelah beberapa menit. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa hari atau sampai Anda mendapatkan hasil yang positif. Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel langsung, tapi mungkin menyengat.
  • Sebagai alternatif, campurkan satu setengah sendok teh cuka sari apel dalam beberapa sendok makan jus jeruk. Oleskan pada area yang terkena dan biarkan sampai benar-benar kering sebelum dicuci. Ulangi sekali atau dua kali sehari selama empat sampai lima minggu.


5. Aloe Vera / Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat penyembuhan dan membantu regenerasi kulit. Jadi, sangat bagus untuk menghilangkan bintik coklat, terutama bila disebabkan oleh paparan sinar matahari.

  • Gosok perlahan gel aloe vera segar di tempat. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum mencuci daerah dengan air dingin. Ulangi dua kali sehari dan dalam sebulan Anda harus memperhatikan perbaikannya.
  • Jika gel lidah buaya segar tidak tersedia, Anda bisa memilih jus lidah buaya yang bisa Anda beli dengan mudah dari pasaran.


6. Kayu cendana

Kayu cendana memiliki kandungan gen antiseptik dan anti penuaan hal ini dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan dapat menyingkirkan bintik-bintik coklat pada kulit Anda.
  • Anda bisa membuat paket buatan sendiri dengan dua sendok makan bubuk cendana, dua sendok teh air mawar, dan satu sendok teh masing-masing gliserin dan jus lemon. Oleskan bungkus ini ke tempat dan biarkan kering secara alami. Gunakan air dingin untuk membersihkannya. Ulangi beberapa kali dalam seminggu sampai bintik-bintik coklat Anda hilang.
  • Pilihan lainnya adalah menambahkan satu sendok makan jus jeruk, satu sendok teh jus lemon dan isi dua kapsul vitamin E dalam dua sendok makan bubuk cendana. Campur dengan baik dan kemudian oleskan di wajah Anda. Biarkan selama sekitar setengah jam sebelum dicuci. Lakukan ini beberapa kali dalam seminggu sampai Anda melihat perbaikan.
  • Selain itu, pijat daerah yang terkena dengan beberapa tetes minyak cendana yang tercampur dalam satu sendok makan minyak zaitun atau minyak almond, setiap hari sebelum tidur dan biarkan dalam semalam.


7. Lobak

Lobak adalah ramuan fantastis yang membantu menghilangkan bintik-bintik penuaan dan bintik-bintik dan membuat kulit Anda bersih, berkat sifat meringankan kulitnya.


  • Anda bisa membuat pasta lobak dan menerapkannya langsung ke kulit. Biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum dicuci. Gunakan itu beberapa kali dalam seminggu.
  • Pilihan lain adalah untuk parut sepotong lobak empat inci dengan mencampurnya dalam seperempat cangkir cuka sari apel dan biarkan campuran itu bertahan selama dua minggu. Setelah dua minggu, saring campurannya. Gunakan bola kapas untuk menerapkannya pada kulit yang terkena. Ikuti obat ini tiga kali sehari setidaknya satu bulan.


8. Pepaya

Enzim dan asam alfa hidroksi tertentu hadir dalam pepaya dapat membantu mengelupas kulit Anda dan mengurangi bintik-bintik penuaan, noda kulit, jerawat dan masalah kulit lainnya. Ini juga akan memberi kulit Anda tampilan yang lebih bersih dan cerah.


  • Gosokkan satu sendok makan pepaya parut segar pada bintik-bintik coklat.
  • Biarkan selama sekitar 20 menit sebelum mencuci daerah dengan air suam-suam kuku.
  • Ulangi dua kali sehari sampai titik coklat memudar.

Catatan: Karena beberapa orang bisa alergi terhadap pepaya, disarankan melakukan uji tempel 24 jam sebelum mengikuti pengobatan ini.

9. Yogurt

Karena sifat pemutihannya yang ringan, dengan menggunakan yogurt adalah cara yang aman dan mudah untuk menjaga kulit Anda tetap bercahaya dan meringankan bintik coklat secara alami.


  • Oleskan beberapa yogurt polos langsung di tempat. Biarkan kering sendiri selama sekitar 20 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Untuk hasil yang lebih cepat, oleskan yogurt ke area yang terkena sebelum tidur dan biarkan dalam semalam.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa membuat paket kulit dengan menggabungkan satu sendok makan yogurt polos, dua sendok makan oatmeal tanah dan satu sendok teh jus lemon segar. Oleskan bungkus ini ke tempat dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Lalu oleskan beberapa pelembab. Ikuti obat ini beberapa kali dalam seminggu.


10. Jus bawang Merah

Cara lain yang mudah untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan adalah dengan mengoleskan jus bawang merah. Sifat asam dan sifat pemutih akan membantu bintik-bintik coklat memudar. Selain jus bawang merah, Anda juga bisa mencoba jus bawang putih.


  • Cukup iris beberapa bawang bombay dan gosok irisan di atas area yang terkena dua atau tiga kali sehari.
  • Pilihan lainnya adalah mencampur satu sendok makan jus bawang merah dengan dua sendok makan madu dan oleskan campuran di area yang terkena. Biarkan selama sekitar 15 menit sebelum mencuci area secara menyeluruh sehingga bau yang kuat hilang. Lakukan ini satu atau dua kali sehari.

Anda perlu memiliki kesabaran saat menggunakan pengobatan di rumah ini. Bintik-bintik coklat tidak akan hilang dalam satu atau dua minggu, jadi Anda perlu mengikuti pengobatan selama beberapa minggu untuk mengetahui hasil positif.