-->

Dampak Positif Dari Pelaksanaan Sekolah Calon Adiwiyata

Sudah satu bulan berlalu, sekolah kami mengikuti bimtek calon sekolah Adiwiyata di SD Negeri 2 Tampo. Dalam pelaksanaanya semua warga sekolah mulai dari siswa, guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan harus meningkatkan dalam pelesatarian lingkungan Sekolah. Mulai dari kebersihan lingkungan, pengolahan sampah, pengurangan polusi, dan konsumsi jajanan yang mengandung 5P.
Papan Nama SD Negeri 2 Tamanagung

Dampak Posisif dari Sekolah Adiwiyata ternyata sangat besar pengaruhnya, baik bagi siswa, guru, tenaga kependidikan dan wali murid. Dengan pembiasaan menjaga kebersihan siswa lebih giat dalam melakukan kebersihan lingkungan mulai dari lingkungan kelas, halaman sekolah dan pengolahannya. Siswa juga mengurangi (secara perlahan-lahan diberi wawasan, dibiasakan, dibina) dalam mengkonsumsi makanan atau jajanan yang mengandung 5P dan selalu diawasi oleh petugas cilik yang telah dibentuk oleh tim adiwiyata sekolah GAMBUH.
Pelantikan Gambuh

Istilah Gambuh kepanjangan dari Gerakan Amankan Bumi Hijau yang bertugas mengawasi teman-temannya dalam menjaga kebersihan, melakukan kebersihan dan membeli jajanan, petugas cilik tersebut tidak segan-segan dalam menegur “Hayo ingat 5P”. Pelaksanaan pembiasaan kepada anak-anak memang sangat sulit, haris setiap hari baik petugas dan guru selalu mengingatkan. Akan tetapi semua membuahkan hasil yang baik.
Pelantikan Siswa GAMBUH

Tidak kalah dengan siswa, peran serta masyarakat yang sangat antusias dalam mempersiapkan sekolah kami untuk visitasi. Penambahan bibit tanaman serta kebersihan yang dilakukan para orang tua atau wali murid setiap pagi dan sore hari. Bahkan ada wali murid yang sengaja dating dengan beberapa wali murid lain hanya untuk ikut membersihkan taman sekolah.
Peran serta masyarakat

Team Adiwiyata yang telah dibentuk meberikan motivasi dan dorongan kepada para siswa untuk selalu menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan dengan mengajak siswa selalu menjaga kebersihan baik didalam kelas, halaman sekolah serta lingkungan disekitar sekolah 
Team Adiwiyata

Banyak peran siswa dalam menambah koleksi tanaman sekolah baik tanaman hiasan maupun tanaman obat-obatan. Dengan senang siswa beserta guru menata dan menanam bunga atau tanaman yang telah dibawa dari rumah. Tanaman ditata sedemikian rupa di depan kelas dan diahalam belakang sekolah. Dengan adanya Pelaksanaan Calon Sekolah Adiwiyata maka sekolah kami menjadi lebih asri. 
Bunga Sumbangan Dari Siswa

Untuk penanggulangan sampah ada pihak tertentu yang bertugas mengumpulkan barang-barang yang tidak dapat diolah kembali dan dijadikan kerajinan. Telah ditunjuk dan ditugaskan untuk menjadi Bank Sampah Sekolah beberapa murid dan dibina oleh Guru untuk mengumpulkan sampah yang tidak dapat dijadikan kompos menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki nilai jual.
Bank sampah Keliling Sekolah untuk mengumpulkan sampah

Selain itu juga ada sosialisasi dampak dari bahaya asap atau polusi udara baik yang disebabkan pembakaran sampah, asat kendaraan serta asap rokok. Penjelasan tentang dampak yang dimbulkan dalam jangka pendek maupun dampak dalam jangka panjang dijelaskan kepada siswa, dengan alat yang sederhana beberapa dewan guru beserta tenaga kependidikan mendemostrasikan.
sosialisasi bahaya asap rokok dengan alat sederhana
Semoga apa yang telah dipublikasikan dapat juga membawa dampak baik bagi sekolah Adiwiyata, yang menjadi calon Adiwiyata lain maupun belum menjadi Calon Sekolah Adiwiyata.

Share ke FB, WA dll
Agar dampak baik berimbas juga kepada sekolah lain.

Ucapan Terima kasih Kepada  :
SDN 2 Tampo khususnya Ibu Eny Ismawati dan Mas Prima
atas segala bimbingan, saran dan motivasinya.